Thursday, February 28, 2019

Mengapa Telur Berbentuk Elips

halo mitra kawan semuanya, kali ini aku akan memuat artikel mengapa telur umumnya berbentuk elips atau lonjong.telur yang normal

 kali ini aku akan memuat artikel mengapa telur umumnya berbentuk elips atau lonjong mengapa telur berbentuk elips
telur unggas ayam yang baik
 telur ayam yang baik ialah gambar b. untuk lebih jelasnya sanggup menyimak   panduan memelihara ayam kampung

pada awalnya telur berbentuk lembek ibarat gambar dibawah
 kali ini aku akan memuat artikel mengapa telur umumnya berbentuk elips atau lonjong mengapa telur berbentuk elips
pembentukan telur
Pada unggas betina organ reproduksi ada dua, yaitu ovarium dan oviduct. Pada ovarium terdapat banyak folikel dan ovum. Oviduct terdiri dari infudibulum, magnum, ithmus, kelenjar kerabang telur (uterus) dan vagina.
Ovarium ialah organ primer reproduksi pada betina dan salurannya dinamakan dengan Oviduct . Bagian dan fungsi dari Oviduct ialah sebagai berikut (Pramudiksa, 2013):
proses pembentukan telur normal 
1. Infundibulum
Fungsi dari infudibulum ialah untuk menangkap ovum yang sudah matang. Bagian ini sangat tipis dan memiliki panjang sekitar 9 cm, Bentuknya ibarat corong atau fimbria yang berfungsi untuk menangkap ovum yang sudah matang. Disini telur kuning berdiam sekitar 15 hingga 30 menit.
2. Magnum
Merupakan terusan terpanjang dari oviduct, panjangnya sekitar 33 cm. Ini merupakan daerah terjadinya sekresi albumen telur. Proses perkembangan telur dalam magnum sekitar 3jam.
3. Isthmus
Panjang isthmus sekitar 10 cm, disini daerah terbentuknya membran sel atau biasa kita sebut selaput kerabang lunak yang berfungsi untuk melindungi masuknya mikroorganisme kedalam telur. Disini calon telur berdiam sekitar 1,5 jam
4. Uterus
Panjang uterus sekitar 10 cm hingga dengan 12 cm, disini daerah terjadinya pembentukan dan penyempurnaan kerabang telur. Waktu proses ini sekitar 20 jam hingga 21 jam. disinilah telur mulai sanggup tertentuk lonong, oval atau bulat.
 kali ini aku akan memuat artikel mengapa telur umumnya berbentuk elips atau lonjong mengapa telur berbentuk elips
telur ayam yang lonjong atau oval
uterus bebrentul sedikit lingkaran oval, sehingga menciptakan telur menjadi oval,
5. Vagina
Panjang vagina sekitar 12 cm, Telur dalam vagina hanya tinggal dengan mucus yang berfungsi menyumbat pori pori pada kerabang telur untuk mencegah bisul bakteri
6. Kloaka
Kloaka merupakan bab paling ujung dari oviduct beberapa menit saja.

ketika divagina dan kloaka telur masih belum keas atau masih lembek, sehingga ini juga menciptakan telur berebentuk oval.

Mengapa Telur Berbentuk Elips Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29