Thursday, February 28, 2019

Berbagai Tujuan Beternak Merpati


-Kali ini saya ingin memposting mengenai artikel "Berbagai Tujuan Beternak Merpati". Setelah sebelumnya saya telah memposting artikel mengenai pengenalan burung merpati. Ini ialah postingan lanjutan yang sifatnya lebih memperdalam dan memperjelas mengenai burung merpati ini.

Tidak sanggup dipungkiri bahwa setiap apa yang dikerjakan oleh insan niscaya mempunyai tujuan tertentu. Tujuan itu biasanya spesifik. Begitu pula dengan beternak burung merpati. Terdapat 3 macam tujuan seseorang beternak burung merpati, yaitu :


  1. Produksi Daging
  2. Pada umumnya, seseorang beternak untuk memenuhi kebutuhan akan asupan proteinnnya. Nah, dengan beternak merpati sanggup mencukupi kebutuhan daging (protein hewani) dalam asupan makan sehari-hari seoorang manusia. Umumnya, daging burung merpati yang digemari ialah daging merpati muda atau yang dikenal dengan squab. Daging squab digemari sebab rasanya yummy dan teksturnya yang lembut dan empuk. Untuk tujuan produksi daging, terutama daging squap sebaiknya ditekankan pada pemilihan jenis merpati yang besar, gemuk dan masa reproduksinya yang cepat. Karena dengan masa reproduksi yang cepat akan memenuhi asupan daging bagi badan atau pun dalam memenuhi usul konsumen.
  3. Atraksi
  4. Merpati biasanya dipakai dalam perlombaan akrobat di udara. Tentunya, untuk tujuan menyerupai ini harus dipilih jenis merpati yang kemampuan terbangnya baik di udara. Untuk mendapat merpati dengan sifat terbang yang baik dan elegan biasanya dilakukan seleksi sesuai dengan fungsi-fungsi yang diinginkan.
  5. Pameran
  6. Selain dipakai untuk tujuan produksi daging dan atraksi, burung merpati juga dipakai untuk perlombaan merpati cantik, pameran. Merpati untuk festival diseleksi dari merpati yang mempunyai buluyang cantik, contoh bulunya, ukuran tubuhnya, dan keseimbangan bentuk tubuhnya. Harus disadari bahwa merpati yang dipakai untuk tujuan festival biasanya perkembangbiakannya lambat sebab adanya tuntutan dalam hal pemenuhan berat badan yang proporsional beda dengan merpati yang ditujukam untuk produksi daging yang perkembangbiakannya cepat. 
Itulah beberapa manfaat yang didapatkan dalam beternak burung merpati. Semoga artikelnya bermanfaat....!

Berbagai Tujuan Beternak Merpati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29