Friday, February 22, 2019

Cara Pemeliharaan Mencit


Cara Pemeliharaan Mencit
Pemeliharaan mencit harus memakai box mencit atau sangkar mencit yang bersih. Pemeliharaan mencit dilakukan dalam box mencit (kandang mencit) yang telah disiapkan, dengan menawarkan serbuk gergaji sebagai alas. Kandang mencit harus selalu diperhatikan kebersihannya, terutama pergantian serbuk gergaji yang dilakukan minimal sekali dalam seminggu, serta box mencit juga dibersihkan (Smith, 1998). 

Mencit ( Mus musculus ) selalu berada di dalam bangunan sarangnya sanggup ditemui didalam dinding, lapisan atap ( eternit ), kotak penyimpanan atau laci. Kadang mencit yang baik untuk pemeliharaan harus tetap kering dan tidak terendam air lantaran sanggup menciptakan mencit tercemar oleh kuman sehingga sanggup mengakibatkan penyakit yang sanggup menularkan kepada manusia. Penyakit bersumber rodensia yang disebabkan oleh bebagai biro penyakit ibarat virus, rickettsia, kuman dan cacing sanggup ditularkan kepada insan secara eksklusif melalui gigitan atau ludah rodensia, urin, feses, dan pinjal, dan tidak eksklusif melalui gigitan vektor eksparasit tikus dan mencit ( kutu, pinjal, caplak, dan tungau ) ( Anonim, 2007).

Mencit merupakan binatang pengerat yang cerdik memanjat dan pemakan bendav keras. Pada tikus liar atau tikus got berprilaku menggali lubang di tanah dan hidup dilubang tersebut, sangat cerdik memanjat dan biasanya memakan benda-benda yang ditemukan serta bersifat merugikan. Sedangkan pada tikus rumah cerdik memanjat, suka mengigit benda-benda keras dan hidup atau tinggal di semak-semak, dalam rumah, gudang, dan took masakan (AnonimC, 2009).

Mencit merupakan binatang yang sering ditemukan disawah,dirumah atau atau dimana saja. Tikus dikenal sebagai binatang cosmopolitan yaitu menempati hamper di semua habitat. Habitat dan kebiasaan jenis tikus yang yang dihubungkan dengan manusia, yaitu (Anoinimc, 2009) :

  • R. nervegicus
    Menggali lubang, berenag dan menyelam, mengigit benda-benda keras  Seperti kayu bangunan, aluminium dsb. Hidup dalam rumah, gudang bawah tanah, dek dan terusan dalam tanah/riel/got.
  • R. ratus diaradii
    sangat cerdik memanjat, biasanya disebut sebagai pemanjat ulung, mengigit benda-benda yang keras. Hidup dilubang pohon, tanaman yang menjalar hidup dalam rumah tergantung pada cuaca.
  • M. musculus
    Termasuk rodensia pemanjat, kadang kala menggali lubang, menggigit,hidup didalam dan diluar rumah.

Karakteristik lainnya ialah cara berjalan dan sikap hidupnya. Semua rodensi komersial berjalan dengan telapak kakinya. Beberapa jenis rodensia ialah ratus nervegicus, ratus diardii dan mus musculus.

Berperilaku menggali lubang di tanah dan hidup di lubang  tersebut. Sebaliknya Rattus ratus diardii ( tikus rumah ) tidak tinggal di tanah teapi di semak – semak atau diatap bangunan. Bantalan telapak kaki jenis tikus ini diadaptasi untuk menarik dan memegang yang sangat baik. Hal ini lantaran pada alas telapak kaki terdapat guratan – guratan betelur, sedang pada rodensia penggali alas telapak kakinya halus. 

R.komensal ialah pemanjat yang ulung, tikus atap atau tikus rumah yang bentuknya lebih kecil dan langsing lebih menyesuaikan diri untuk memanjat dibandingkan dengan tikus riol/got. Namun demikian kedua spesies tersebut sanggup memanjat kayu dan bangunan yang permukaannya bergairah lantaran pada telap kakinya terdapat     guratan – guratan betelur. 

Cara Pemeliharaan Mencit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29