Wednesday, September 17, 2014

Penyakit Kulit Pada Puyuh

Penyebab umum penyakit kulit pada burung puyuh yaitu benalu eksternal. Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa benalu pada unggas (ayam, itik, puyuh, angsa, kalkun dan burung lainnya) ada dua jenis yakni internal dan eksternal. Parasit internal terdiri dari banyak sekali jenis cacing, dan benalu eksternal terdiri dari jenis; kutu, tungau, dan caplak. Kali ini kita akan membahas cara penanganan penyakit kulit pada puyuh akhir benalu eksternal ini.

Penyakit puyuh sebab kutu
Kutu sering ditemukan dibawah bulu puyuh, ibarat di bawah sayap, bulu dada, dan laiinya. Kutu ini akan menghisap darah puyuh. Kutu dalam jumlah kecil mungkin tidak terlalu membahayakan, tapi dalam jumlah besar pastinya secara pribadi akan menurunkan produksi pada budidaya burung ini. telur-telur kutu umumnya sanggup di lihat di sekitar pangkal bulu. Kutu puyuh sanggup dibasmi dengan santunan anti benalu eksternal berupa bedak powder. Obat ini dijual di seluruh toko obat binatang secara cukup bebas, mengenai cara santunan sanggup di baca di brosur atau tanyakan pada petugas kesehatan ternak di tempat anda.

Penyakit puyuh sebab tungau
Pada dasarnya kutu dan tungau mempunyai kesamaan dalam merugikan peternak puyuh, dimana kedua benalu ini sama-sama menghisap darah dan menurunkan produksi (telur dan daging). Tungau pada kaki puyuh akan menyababkan kudis dan sanggup mulumpuhkan. Secara umum tungau akan mengakibatkan anemia pada unggas. Tungau sanggup dibasmi dengan bedak anti tungau dan benalu eksternal. Biasanya bedak kutu unggas juga sanggup membasmi tungau dengan baik.

Penyakit puyuh sebab caplak
Caplak bukan hanya menyerang sapi dan domba, tapi sanggup juga menyerang semua jenis burung ibarat puyuh dan ayam. Di lapangan kita sanggup menemukan kasus puyuh yang terjangkit caplak. Umumnya caplak akan menyerang kulit dibawah ketiak (pangkal sayap) burung puyuh. Caplak ini akan menimbulkan adanya bercak prndarahan disekitar lokasi yang diserang. Karena ukurannya lebih besar dari kutu peternak biasanya sanggup mengambil dan membuangnya. Caplak sering ditemukan pada puyuh yang dipelihara pada sangkar litter. Caplak juga sanggup dibasmi sekaligus dengan kutu dan tungau memakai powder anti benalu eksternal.

Jika benalu telah menyabar ke semua puyuh dalam sangkar maka penanganannya sanggup dilakukan dengan pengasapan atau penyemprotan anti benalu eksternal. Dalam hal ini dipakai materi kimia sejenis sodium florida. Untuk melaksanakan ini sebaiknya hubungi petugas kesehatan ternak di tempat anda. Itulah beberapa jenis benalu eksternal yang sering menyerang burung puyuh, agar dengan klarifikasi singkat ini kita sanggup memahami cara terbaik penanganan penyakit pada puyuh.

Penyakit Kulit Pada Puyuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29