Wednesday, May 1, 2013

Ciri-Ciri Bibit Ikan Lele Yang Baik

Ciri bibit lele yang baik untuk budidaya ikan lele di bak terpal ataupun di bak tanah terutama jenis sangkuriang sangat perlu diketahui oleh setiap petani ikan ini. Kesuksesan bisnis ikan lele sangat bergantung pada kualitas bibit yang dipilih, semakin baik kualitasnya maka semakin kecil resiko kerugian yang akan ditanggung. Secara analisa rugi keuntungan terang terlihat bahwa bibit termasuk salah satu faktor produksi terpenting selain pakan dan obat-obatan. Untuk itu kali ini akan kita buat ciri-ciri bibit ikan lele yang baik secara garis besar dan sanggup dianalisan secara kasat mata.

Pergerakan bibit lele yang lincah, jikalau anak lele terlihat lemas dan kurang pergerakan atau pergerakannya hanya maju mundur saja maka sebaiknya tidak usah dibeli. Pergerakan yang lincah yang dimaksud disini yaitu gerakan berenang yang aktif dan sangat responsif. Cara menentukan responsif atau tidak yaitu dengan memasukkna ujung jari ke wadah penampung, atau mencemplungkan batu, jikalau bibit lele tersebut aktif maka mereka akan sangat respon terhadap tindakan tersebut.

Permukaan tubuh yang mulus dan sewarna, jikalau anda menemukan bibit lele yang permukaan kulitnya lecet-lecet sebaiknya jangan dibeli. Benih lele yang baik memilii warna tubuh yang sewarna (umumnya cokelat renta atau hitam kemerah-merahan). Semakin banyak lecet pada permukaan tubuh maka semakin tinggi resiko kematian.

ataupun di bak tanah terutama jenis sangkuriang sangat perlu diketahui oleh setiap petan  Ciri-ciri Bibit Ikan Lele Yang Baik
Mampu bergerak melawan arus yang lembut, cara menentukan hal ini terhadap benih lele yaitu dengan memiringkan wadah secara perlahan, jikalau secara umum atau sebahagian besar bergerak melawan arus yang tercipta maka sanggup disimpulkan bibit tersebut dalam keadaan baik. Sebaliknya sebagian besar pribadi terbawa arus maka sebaiknya jangan dibeli.

Perhatikan juga kelengkapan dari bab tubuh benih lele, adapun bagian-bagian badan; 2 pasang sirip bawah (bagian leher dan tengah badan), sirip punggung sepanjang badan, sungut yang lengkap (4 pasang). Semakin tepat bagian-bagian tubuh maka semakin baik nilai bibit tersebut. Jangan membeli benih yang cacat atau ada bab dari tubuh tidak sempurna.

Jika keempat hal diatas sudah diperhatikan secara seksama dan mempunyai niat yang baik maka mudah-mudahan anda tidak akan menentukan bibit ikan lele yang salah atau lemah. kesehatan benih akan menghipnotis hasil panen, jikalau kita salah menentukan perjuangan budidaya kita hanya membuang-buang pakan saja, sering ditemukan seorang petani dimana ikan lele yang dipelihara yaitu jenis lele kerdil.

Ciri-Ciri Bibit Ikan Lele Yang Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29