Monday, April 13, 2020

Harga Sapi Lokal Terbaru 2019 Di Pasar Binatang Dan Harga Sapi Impor


Berapa Harga Sapi Limousin, Simmental dan Sapi PO Saat Ini? Bagaimana Dengan Harga Sapi Brahman Cross (BX) Asal Australia Tahun 2019 Ini?


Memasuki tahun 2019 ini, situasi pasar binatang atau yg sering disebut oleh para jagal dengan pasar sapi mengalami penurunan stok sapi lokal siap potong. Hal ini sangat dirasakan para jagal dimana untuk sapi-sapi lokal ukuran sedang yg banyak diminati untuk dipotong semakin susah didapatkan dari beberapa pasar binatang di Jawa Timur.

Berbeda kondisinya dengan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Banten, Tasikmalaya dan daerah-daerah di Jawa Barat lainnya, jagal sapi disana sedang kebanjiran panenan sapi impor jenis brahman cross asal Australia. Banyaknya perusahaan penggemukan sapi yg panen sapi siap potong pada waktu bersamaan menyebabkan suplai dipasaran atau di RPH melimpah dengan sapi jenis BX ini.

Banyaknya sapi jenis BX dipasaran Jabodetabek menyebabkan harga sapi stagnan dan cenderung turun. Harga ketika ini untuk sapi BX berkisar antara Rp 38.000 - Rp 42.000 per kg sapi hidup. Sementara harga karkas sangat bervariasi dan berkisar antara Rp 83.000 - Rp 87.000 per kg. Umumnya jikalau hasil persentase karkas dari sapi yg dipotong nilainya tinggi misal mencapai diatas 55% maka harga jual karkasnya bis,a turun lagi untuk menambah omset jualan. Hal ini sangat masuk akal terjadi di RPH alasannya ialah perebutan market tanggapan suplai sapi yg berlebih.

Bagaimana Dengan Harga Sapi Metal, Limo dan PO di Pasar Hewan?

Sedikitnya stok jual sapi bakalan dan sapi siap potong ukuran medium atau sedang menjadikan harga sapi lokal di pasar binatang cenderung naik. Bahkan di Jawa Timur yg sudah populer sebagai lumbung sapi lokal, harga sapi juga tergolong mahal.

Untuk harga sapi jenis limousin dan simental siap potong umumnya  berkisar antara Rp 44.000 - Rp 46.000 untuk yg kualitas standar sampai bagus. Sedangkan yg kualitasnya kurang cantik bis,a dijual dengan harga dibawah Rp 44.000 per kg. Untuk sapi jenis PO harga sedikit lebih murah, hanya selisih sekitar Rp1.000 per kg dari jenis limousin dan simental, harga inipun masih sangat tergantung dari kualitas sapinya.

Harga karkas sapi lokal di RPH Surabaya berkisar antara Rp 86.000 - Rp 88.000/kg. Sedangkan harga daging masih berkisar antara Rp 100.000 - Rp 110.000/kg.  Sedangkan untuk harga pedet masih berkisar antara Rp 60.000 - Rp 70.000 per kg.

Harga Sapi Lokal Terbaru 2019 Di Pasar Binatang Dan Harga Sapi Impor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29