Saturday, January 4, 2020

Cara Membedakan Ikan Koi Jantan Dan Betina Menurut Ciri-Cirinya

Anda Hobi Memelihara Ikan Koi? Ingin Bisa Membedakan Antara Koi Jantan dan Betina? Simak Ciri-tandanya Berikut Ini!

Ikan Koi ialah sejenis ikan yg termasuk ikan mas (Cyprinus carpio) yg memiliki ornamen yg sangat indah dan jinak. Koi biasanya dipelihara sebagai hiasan dengan tujuan keindahkan dan keberuntungan di dalam rumah dan luar rumah (kolam koi atau taman air, alasannya ialah ikan koi dipercaya membawa keberuntungan.Setips umum Ikan mas menyukai tempat hidup (habitat) di perairan tawar yg airnya tidak terlalu dalam dan alirannya tidak terlalu deras, ibarat di pinggiran sungai atau danau. Ikan mas sanggup hidup baik di tempat dengan ketinggian 150–600 meter di atas permukaan air bahari (dpl) dan pada suhu 25-30 °C.
Ciri-Ciri Ikan Koi Jantan
  • Pada umumnya postur tubuh Ikan koi ramping dan memanjang, hal ini akan terlihat sangat terang saat ikan koi di ukuran sekitar 30 centimeter dan terlihat lebih langsing ke arah ekor.
  • Jika Perut diraba akan terasa padat
  • Pipi ikan koi jantan cenderung lebih kasar, untuk tanda ini tidak semua hanya kecenderungan saja, alasannya ialah ada juga ikan koi jantan yg pipinya halus.
  • Bila di raba bab sirip dada ikan koi jantan maka akan terasa berangasan ibarat ada pasir.
  • Bila Anus ditekan ikan koi jantan akan mengeluarkan cairan yg berwarna putih lengket, untuk tanda ini harus ikan koi yg sudah sampaumur atau ikan koi yg sudah dewasa.
  • Bentuk sirip ikan koi jantan biasanya lancip berbentuk segitiga berbeda sekali dengan ikan koi betina


Ciri-Ciri Ikan Koi Betina
  • Pada umumnya tubuh ikan koi betina cenderung gemuk, dan bentuknya membulat. 
  • Badan ikan koi betina juga nampak lebih besar dari pada koi jantan pada ukuran mulai dari 30 centimeter. 
  • Apabila kita lihat dari atas tubuh koi betina tampak melebar kesamping kanan dan kiri.
  • Perut koi betina jikalau diraba terasa lembek.
  • Ikan koi betina memiliki pipi yg halus tidak ada koi betina yg pipi kasar.
  • Bila bab anus di tekan koi betina akan keluar kotoran.
  • Di bab sirip dada bila kita raba tidak kasar, akan terasa halus.
  • Bentuk sirip ikan koi betina biasanya bundar ibarat kipas.
Pakan Koi

Setips garis besar, pakan ikan koi terdiri dari makanan alami dan pakan buatan. Sebagian dari pakan ikan koi terbuat dari materi sayur-sayuran, roti, cacing, dan buah-buahan. Setips alami, udang dan cacing ialah makanan yg disukai ikan koi. Ikan koi juga sanggup bertahan hidup hanya dengan memakan tumbuhan alga. Ulat juga merupakan salah satu makanan alami yg sanggup diberikan. Pakan jenis ini juga merupakan salah satu sumber protein yg baik bagi ikan. Sayuran dan buah-buahan ibarat semangka dan jeruk juga disukai koi.

Pada umumnya, jenis pelet untuk ikan koi terdiri dari: pelet sinking (tenggelam), dan pelet floating (mengambang). Untuk anakan ikan koi, biasanya diberikan pelet floating dari jenis mengapung yg cukup lama-kecukup lamaan sanggup tenggelam. Hal ini untuk menjangkau anakan ikan koi di tiap usia kedacukup laman ikan. Pakan ikan koi lokal biasanya yg dipakai ialah sankoi, cp koi, breeder pro, super save, hokky & kinkoi, dan lain-lain. Sedangkan pakan ikan koi import ialah nozomi, hikari, mizuho, konishi, saki hikari, kenkokanri, CKK, FD, evolution, yamato, shori, fuyufuji, fujizsayara, daiici, aquamaster, sugiyama, LC, dan lain-lain.

Cara Membedakan Ikan Koi Jantan Dan Betina Menurut Ciri-Cirinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29