Tuesday, October 22, 2019

Ternak Ayam Serama Raup Rp 20 Juta/Bulan



Ternak Ayam Serama Raup Rp 20 Juta/bulan

Berawal dari hobi memelihara ayam serama, Akmal Pasya (28), PNS PU Bina Marga Provinsi Sumsel, menghasilkan pendapatan menggiurkan. Ia mengaku satu bulannya sanggup mendapat penghasilan sebesar Rp 20 juta.

"Pendapatan dari beternak ayam serama ini mencapai Rp 15 juta hingga Rp 20 juta dari penjualan ayam anakan, remaja, dan indukan," ungkapnya kepada Tribun. Namun, menurutnya, harga tersebut sanggup berubah, tergantung kualitas ayam serama yang dijual.
Saat ini, dari pendapatannya tersebut, sebagian balasannya ditabung. Sedangkan sebagian lainnya ia belikan ayam serama impor untuk dijadikan indukan.

Akmal menceritakan, awalnya ia kesulitan memelihara ayam serama alasannya ialah telur yang tidak menetas dan beberapa induk yang mati. Seiring waktu, semenjak ia beternak dari tahun 2007, ia sudah tahu bagaimana cara beternak ayam serama yang merupakan jenis ayam terkecil di dunia.
Kecintaannya pada ayam serama merupakan ketidaksengajaan ketika menjelajah dunia maya. Ia mencari ayam hias melalui alat pencari otomatis, yakni Google. Kemudian, menemukan situs web ayam serama yang membuatnya jatuh cinta hingga ketika ini. "Ayam serama itu sangat unik, bentuknya kecil dengan dada yang membusung ibarat seorang prajurit dan inilah yang menciptakan saya menyenanginya," jelasnya.

Sedangkan Didie (30), karyawan Bank Pundi Baturaja, menuturkan, ia sudah tiga tahun hobi memelihara ayam serama. Ia beralasan, tingkah laris ayam serama yang lucu dan bentuknya yang unik sanggup mengurangi stres. "Ayam serama ini memang lain dari ayam lain. Karena bagi saya ayam ini membawa hoki yang luar biasa," ujarnya. 

Selain itu, menurutnya, alasannya ialah ayam tersebut, ia sanggup mempunyai banyak teman dari aneka macam kota sehingga ia mempunyai banyak korelasi dari aneka macam latar belakang yang berbeda.
Pendapatan dari memelihara ayam ini, berdasarkan Didie, cukup besar. Sebab, anak ayamnya saja yang berumur tiga ahad senilai tablet Galaxy Tab.  "Nah bukankah itu sebagian dari hoki atau rezeki," ujarnya. Namun, untuk ketika ini, Didie mengaku hanya sebatas hobi memelihara ayam serama, tidak dijadikan bisnis ternak.

Menurut Didie, memelihara ayam serama tidaklah susah, sama ibarat memelihara ayam kampung. Namun, perlu perawatan ekstra, yakni dari kebersihan sangkar hingga pakan yang diberikan. Selain itu, ketika demam isu hujan, ayam harus ekstra dirawat alasannya ialah rawan terkena penyakit.(sumber : kompas)

Ternak Ayam Serama Raup Rp 20 Juta/Bulan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29