Friday, October 18, 2019

Cara Beternak Burung Love Bird


Cara Ternak Burung Love Bird

Ternak Love Love Bird -  Sebelum memulai beternak Lovebird, seharusnya kita membedakan dulu antara Lovebird jantan dengan Lovebird betina. Secara warna dan fisik, love bird susah untuk diketahui jenis kelaminnya.jka kita ingin mengetahui mana yang jantan dan mana yang betina  Cara yang paling praktis ialah dengan meraba kedua capit udang yang terletak dibawah duburnya. Jika keras, rapat dan lancip, biasanya jantan. Sedangkan burung betina capit udangnya lembek, lebar dan tumpul.

Untuk memulai beternak love bird kita harus menentukan calon induk yang usianya relatif masih muda, sekitar umur 7 bulan hingga 2,5 tahun, lantaran kalau umurnya sudah lebih dari 3 tahun biasanya tidak terlalu produktif, serta tambahkan masakan ekstra menyerupai sawi, toge, kwaci dan jagung muda untuk memicu birahi burung, dengan perawatan yang baik, Lovebird sanggup hidup 10 hingga 20 tahun

Beternak love bird sebaiknya di lakukan secara individual, cara ini di lakukan supaya kita sanggup lebih praktis mengetahu garis keturunan dari burung tersebut,  untuk satu pasang love bird gunakanlah sangkar dengan ukuran sekitar 40 cm x 40 cm x 80 cm, untuk bertelor dan mengeram siapkan glodok atau kotak sarang yang terbuat dari papan dengan ketebalan sekitar 2 cm, dengan ukuran XLXT = 15 CM x 20 cm x 25 cm, dan diisi dengan kulit jagung yang sudah di keringkan, serbuk kayu dan lain sebagainya.

love bird umumnya bertelur sekitar 4 – 6 butir,dan dierama selama 21 hingga 23 hari, sesudah menetas love bird jantan dan betina bergantian menyuapi anaknya hingga anak burung sanggup makan sendiri, kalau indukan love bird tidak mau mengasuh anaknya maka kita harus menyiapkan daerah (kotak) dengan ukuran sekitar 40cmx40cmx40cm dan i beri lampu bohlam 5 watt sebagai penghangat, untuk makananannya kita siapkan bubur susu untuk bayi yang di campur dengan air hangat dan diberikan setiap 2 jam sekali, sesudah berumur 3 – 4 ahad kita kenalkan dengan jenis masakan lain menyerupai millet, buah buahan dan sayur sayuran.  agar induknya sanggup kembali bereproduksi maka anak burung yang sudah sanggup makan sendri segera pindahkan ke sangkar lain.

Tips Memilih Indukan Love Bird yang Baik :
  • Usia Indukan Love Bird – Burung Love Bird betina biasanya akan mulai bertelur pada usia 5 bulan. Namun demikian usia ideal bagi induk Love Bird untuk ditangkarkan ialah usia 7-8 bulan. Hindari menentukan indukan yang terlalu muda lantaran belum tepat organ reproduksinya sehingga sanggup beresiko susah bertelur, daya tetas rendah dan anakan yang dihasilkan praktis mati. 
  • Pilih Induk Yang Sehat – Induk burung Love Bird yang sehat sanggup diamati dari gerakannya yang lincah dan gesit. Selain itu nafsu makannya juga bagus.
  • Postur Tubuh Proporsional – Pilih indukan Love Bird yang mempunyai postur tubuh proporsional. Artinya perbandingan leher, badan, ekor dan kaki Love Bird tampak harmonis dan seimbang. Pada serpihan dada terlihat lebar, sayap mengepit rapat, kaki kokoh, kering dan mencengkeram kuat.
  • Kepala Besar – Burung Love Bird dengan kepala yang besar biasanya mempunyai nyali dan mental yang besar juga. Selain itu pangkal paruhnya terlihat panjang, lebar, tebal dan kokoh. Bola matanya terlihat besar, higienis bersinar dan sorot matanya tajam.
  • Leher Panjang dan Padat – Pilih induk Love Bird yang mempunyai leher panjang dan padat berisi. Burung Love Bird yang mempunyai leher menyerupai ini biasanya mempunyai kekuatan bunyi yang prima.
Masalah yang Sering Terjadi  Dalam Beternak Love Bird :
  • Telur Tidak Menetas - Tidak semua telur sanggup menetas, dan telur yang tidak menetas biasanya ialah telur yang terakhir,dan ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal antara lain : nanah bakteri, kekurangan nutrisi, indukan yang mandul, dan juga disebabkan oleh telur yang tidak dierami.
  • Cacat KakiTelur yang sudah menetas tidak semua tumbuh menjadi anak burung yang cantik, sering kali kita jumpai anak Lovebird yang kakinya tidak sanggup bangun dan mencengkeram dengan tepat serta cenderung miring ke samping, untuk menghindari hal ini maka gunakanlah glodok yang berbahan triplek yang tidak licin (belum di serut) dan beri materi sarang yang cukup.
  • Tidak JodohIndukan yang kita jodohkan kadang kadang tidak mau bersatu, Hal ini sanggup disebabkan lantaran beberapa hal, al: belum memasuki masa birahi, keduanya berjenis kelamin sama, situasi atau lingkungan yang kurang mendukung.
Makanan yang Tepat untuk Burung Love Bird :
  • Bijian Mix - Kita sanggup memperlihatkan biji-bijian yang telah dicampur yang banyak dijual dipasaran sebagai pakan utamanya.
  • Sayuran segar - Burung Love Bird sangat menggemari sayuran segar seperti: Kangkung, Sawi Putih, Jagung Muda dan sayuran lainnya.
  • Asinan Untuk mencukupi kebutuhan kalsium, burung ini membutuhkan asupan kalsium tambahan. Dapat diberikan tulang sotong untuk melengkapi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan.
  • Extra Fooding - Biji bunga Matahari, biji Fumayin, biji Kedelai, biji Kacang Merah dan biji Kacang Hijau sangat digemari oleh burung ini untuk melengkapi kebutuhan vitamin, protein dan menaikkan suhu tubuh serta meningkatkan sistem metabolisme didalam tubuhnya.
Semoga Artikel Cara Beternak Burung Love Bird ini sanggup membantuk anda dalam beternak burung love bird. (duniaternak-kaskus-peluangusahaoke)

Cara Beternak Burung Love Bird Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29