Friday, September 13, 2019

Daun Pepaya Efektif Hambat Perkembangan Benalu Pada Ternak Kambing


Gangguan benalu seringkali menjadi salah satu hambatan yang sering dihadapi oleh peternak kambing. Pemberian pakan hijauan yang mengandung tannin telah teruji menghambat perkembangan parasit/ cacing pada ternak kambing. Dari banyak sekali jenis hijauan yang biasa dipakai untuk pakan, daun pepaya dan daun ketela pohon terbukti berpotensi sebagai anti benalu (anthelmintik).


Hal tersebut diungkapkan Joko Daryatmo, S.Pt., M.P., staf pengajar Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Magelang dikala ujian terbuka promosi doktor, Senin (9/8) di Fakultas Peternakan UGM. Disebutkan Joko, dengan penambahan daun ketela pohon maupun daun pepaya kedalam pakan ternak sanggup menurunkan perkembangan cacing secara signifikan. Efek tannin bisa menghambat perkembangan larva cacing, dan menurunkan populasi cacing dewasa, terang laki-laki yang meraih predikat cum laude ini.

Disebutkan Joko dalam disertasi berjudul "Potensi Nutrisi Berbagai Bahan Pakan Hijauan Yang Mengandung Tannin dan Efektivitasnya Sebagai Anti Parasit Dalam Mendukung Kinerja Ternak Kambing Bligon ini, suplementasi daun pepaya berpotensi anti benalu yang lebih tinggi dibanding dengan daun ketela pohon" Dilihat dari jumlah penurunan telur cacing dan oosista koksidia dalam feses ternak pakan yang diberi tambahan daun pepaya penurunannya lebih besar 10-15% di banding daun ketela pohon,รข€ papar suami dari Sri Murjiyati ini

Disampaikan laki-laki kelahiran Magelang, 16 Oktober 1972 ini, selain berpotensi sebagai anti parasit, daun papaya dan daun ketela pohon juga bisa meningkatkan bobot kambing. Dengan penambahan pakan hijauan tersebut bobot kambing meningkat sekitar 40% lebih banyak dibanding dengan pakan hijauan yang tidak diberikan tambahan daun ketela pohon maupun daun papaya. Dari hasil uji coba daun ketela pohon memiliki potensi nutrisi yang hampir sama dengan daun pepaya, sehingga menghasilkan nilai pertambahan bobot tubuh harian ternak yang relatif sama pula, kata Joko.

Ditambahkan Joko beberapa jenis tanaman lain menyerupai daun turi, daun nangka, daun beringin, dan daun mahoni bisa dijadikan sebagai pilihan pakan ternak sebab juga berpotensi sebagai anti parasit. "Namun masih perlu diuji cobakan untuk mengetahui potensinya sebagai pakan dan anti parasit," pungkasnya.


sumber : UGM.ac.id

Silahkan mampir ke www.AngkringanNasiKucing78.com

Daun Pepaya Efektif Hambat Perkembangan Benalu Pada Ternak Kambing Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29