Wednesday, August 21, 2019

Membuat Pakan Hijauan Untuk Ternak Kambing PE

Membuat Pakan Hijauan Untuk Ternak Kambing PE

Mohon maaf sebelumnya, izin share sedikit gosip teknik dasar mengenai ramban hijauan untuk kambing , gosip ini saya rasa cocok untuk diterapkan peternak pemula ibarat saya, ilmu ini saya dapatkan dari mas Yanto Lurisaer peternak kambing PE kelas kontes dari Purworejo.


Ada banyak jenis tumbuhan yang menjadi konsumsi kambing Peranakan etawa di tempat wilayah Kaligesing, beberapa jenis tumbuhan yang sangat gampang dijumpai dan dibudidayakan dipinggir jalan raya seperti, kaliandra, kleresede, singkong tahun ( jendal taun / karet )

Peran ketersediaan pakan hijuan ini sangat kuat pada kesuksesan sebuah peternakan, untuk itu dibutuhkan kontinuitas dalam penanaman, pemeliharaan, pemupukan HPT ( Hijauan Pakan Ternak ) biar keberadaan HPT ini tidak habis dikonsumsi kambing walaupun populasi kambingnya bertambah.

Setiap ketika ketika berangkat cari ramban, upayakan juga untuk menanam bibit ramban atau sekedar membawa srintil kambing untuk dipupukkan ke tanah sekitar tumbuhnya HPT. Kontinuitas ini ternyata sangat mengurangi beban berat pelestarian HPT alasannya acara ini sudah memenuhi 1 siklus pemeliharaan HPT.

Apabila ingin menanam HPT berkualitas tinggi memang sebaiknya lahan tanamnya dipersiapkan terlebih dahulu dng cara dibersihkan rumput liarnya, diupayakan pencahayaan matahari sempurna, tanah di pacul, kemudian pupuk srintil ditebar sesuai titik tanam jarak 1 meter, pastikan supply air gampang didapat untuk antisipasi kekeringan ketika masa awal tanam, atau lebih mudahnya ketika animo penghujan spt ini, ngebut tanam HPT sebanyak-banyaknya.

Teknik dalam memotong pakan juga sangat memilih keberlangsungan tunas HPT berikutnya, teknik potong yang benar ialah mengayunkan sabit ke arah atas, bukan ke arah bawah. Tujuan mengayunkan sabit ke arah atas atau mengayunkan ke arah miring atas biar batang tanamannya tidak terbelah, sehingga tunas gres akan muncul lebih banyak di area bawah belahan tadi.

Apabila melaksanakan pemotongan ke arah bawah, maka kemungkinan besar batang tanamannya akan terbelah apalagi jikalau sabitnya sudah tumpul dan mengayunkan sabitnya kurang bertenaga. Batang yang terbelah akan mengurangi jumlah tunas gres ini tentu saja akan mengurangi jumlah HPT  yang sanggup dipanen berikutnya.

Untuk memaksimalkan HPT yang dipanen maka, sambil beristirahat di pinggir kebun, silahkan kulit batang dikupas sekalian dari batangnya sehingga besar bongkoan ( jumlah HPT yang dibawa pulang ) memang akan dimakan semua oleh kambing dan nantinya tidak akan banyak ramban yang berceceran .
Supaya beraneka HPT tadi tidak berefek negatif ibarat kambing kembung maka dibutuhkan pelayuan beberapa jam sebelum diberikan kepada kambing, untuk amannya lagi 1 jam sebelum pakan HPT diberikan silahkan lakukan tunjangan pakan lain dahulu contohnya ampas tahu, tujuannya ialah biar perut kambing isi dahulu sehingga akan kondusif ketika semisal makan daun singkong.
Salah satu teknik pelayuan dan penyimpanan HPT sebelum diberikan kepada kambing sanggup dilihat di foto.

Untuk wilayah berudara agak panas, tumbuhan ibarat kaliandra agak susah berkembang dibandingkan bila ditanam di daerah pegunungan, untuk itu dibutuhkan kreatifitas para peternak untuk menanam banyak sekali jenis pakan ramban, jenisnya sangat banyak, tiap daerah pun berbeda-beda, silahkan di kondisikan sesuai kearifan lokal.

Semoga ilmu dasar ini sanggup bermanfaat untuk para peternak pemula, alasannya ibarat yang saya alami sendiri, kesalahan dasar yang dialami peternak pemula ialah selalu berpikiran bagaimana sesegera mungkin punya kambing dalam jumlah banyak, sanggup segera jual, sanggup segera sanggup banyak uang, namun tidak menerapkan ilmu-ilmu dasar peternakan.

Sebagai embel-embel ilmu dasar menjadi peternak " BENER " dari mas Yanto Lurisae ( Juri Nasional kontes kambing PE ) dari Purworejo , yang perlu dipersiapkan bagi peternak pemula adalah:

1. Ilmu ternak
2. Persiapan pakan HPT sebanyak-banyaknya
3. Pembuatan sangkar yang benar ( sangkar elok belum tentu benar )
4. Terakhir beli kambing yang benar

Kalau urutan ilmu dasarnya dibolak-balik maka bisnis kambingnya akan amburadul bin modal madul.. alias dijamin rugi, Namun jikalau urutannya benar maka " anda sudah berada di rel yang benar, tinggal melaju " ujar mas Yanto.

( Mas Yanto Lurisae )

 ( Oscar, 10x juara kontes kambing PE skala Nasional )

Yuk.. bagi peternak pemula, jangan aib mengkoreksi diri, jangan aib membenahi diri, jangan emosi jikalau dikoreksi peternak senior, perbanyak silaturahmi ke peternak " benar "., dannnn... jangan lupa jikalau pengen beli kambing yang agak mahal istri tetap di jatah uang jajan biar ngak ngamuk-ngamuk ( tips nya mas Sukis heheh )

Semangattt.... Peternak kambing pemula ialah calon penerus kesuksesan peternak senior..

Membuat Pakan Hijauan Untuk Ternak Kambing PE Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29