Thursday, August 22, 2019

Bijak Dalam Memakai Produk Mlm Untuk Kambing Dan Domba

Saat ini, di kalangan peternak kambing dan domba sedang heboh produk suplement, brand nya sangat banyak, perusahaan yang memasarkannya juga sangat banyak. Produk suplement ini ada yang dipasarkan melalui toko offline ibarat toko ternak, maupun ada pula yang dipasarkan dengan sistem jaringan, atau dikenal dengan istilah Multi Level Marketing ( MLM )

Menurut irit kami, aneka macam produk suplement yang banyak ditawarkan mempunyai fungsi yang nyaris sama satu dengan yang lainnya dan tidak dapat mengganti fungsi dan kebutuhan obat khusus untuk kambing dan domba, ibarat obat cacing, obat penguat otot dan lainnya. Supplement yang banyak dipasarkan diantaranya ialah produk probiotik dan produk untuk penggemukan.

Salah satu yang memasarkan produk suplement ini ialah perusahaan yang memakai sistem jejaring, tidak perlu disebutkan satu persatu sebab anda niscaya sudah tau. Produknya manis dan memang cocok untuk peruntukannya amsing-masing, namun ada kalanya bahkan seringnya dari member yang memasarkan produk - produk ini, bekerja luar biasa dan sebab TERLALU luar biasanya kadang melaksanakan propaganda bahwa produk mereka ialah produk ajaib, yang dapat menuntaskan semua permasalahan urusan ternak kambing dan domba.

Memang sungguh disayangkan bahwa dominan yang memasarkan produk dari perusahaan MLM ini bergotong-royong tidak mempunyai ternak kambing dan domba, jikalau mempunyai pun, jumlahnya sangat sedikit. Mereka terbiasa memakai peternak lain untuk dijadikan materi ujicoba produk mereka, kemudian didokumentasikan dan di upload secara massal di internet,

Efeknya luar biasa.... banyak peternak kambing dan domba kemudian berubah haluan, dan menelan mentah-mentah semua gosip yang didapakan dari para marketing. Apa yang terjadi ? yaitu produk yang manis tadi kena dampak menjadi produk JELEK sebab dampak dari banyak kegagalan yang dialami para peternak ang memakai produk dari perusahaan MLM.

Sebenarnya produknya bagus, hanya saja berhubung para member perusahaan MLM yang menjadi marketing ini terlalu berlebihan dalam mempromosikan produknya, kemudian TIDAK mengatakan pendampingan secara continue kepada peternak yang memakai produknya, maka hancurlah reputasi perusahaan MLM berikut produknya.

Hanya sebuah pengalaman kecil saja, saat kami berkunjung ke beberapa peternak skala besar yang omzet perputaran uangnya sudah tidak dilakukan lagi, hampir semuanya menerapkan contoh pakan yang alamiah. Pola pakan alamiah ialah mengembalikan dan menyesuaikan kodrat kambing dan domba ke alam, jikalau kambing dan domba itu memang sukanya makan rumput maka dikasihnya 75% pakan hijauan segar.

Bagaimana dengan fenomena contoh pakan fermentasi yang memakai produk jerami padi, gedebok pisang dan lainnya ?

Banyak peternak yang memakai contoh ini, ada yang sukses ada pula yang gagal berantakan. Peternak yang sukses ternyata menerapkan contoh kombinasi pakan, yaitu mengatakan pakan fermentasi namun tetap mengutamakan proteksi pakan hijauan dan pakan konsentrat. Bagi peternak yang gagal, biasanya menggubah contoh pakannya secara frontal, dari yang biasanya mengatakan pakan hijauan sekarang sudah full pakan fermentasi, hal ini akan menciptakan ternak menjadi stress dan mengurangi produktifitas ternak

Sungguh disayangkan bahwa ilmu contoh pakan fermentasi ini menjadi buruk dikarenakan beberapa oknum perusahaan MLM yang mempromosikannya terlalu berlebihan dan sekedar mengejar BONUS dari perusahaan MLM yang menaunginnya.

Simple saja, sebab produk supplemen dari perusahaan MLM ini bagus, kenapa para marketing tidak memakai sendiri untuk ternaknya ? dan malah memakai peternak lainnya sebagai materi ujicoba ? Kenapa mereka malah silau dengan bonus dari perusahaan daripada fokus kepada urusan memelihara kambing dan domba ?

Semoga lain waktu apabila ada metode gres untuk contoh pakan dan perawatan kambing domba, tidak mengalami nasib yang sama dengan ilmu contoh pakan fermentasi.

Banyak yang menanyakan kepada kami, apakah kami juga memakai produk dari perusahaan MLM ? Ya kami menggunakannya sebagai suplement pendukung dari pakan dan obat paten yang sudah rutin dan semestinya kami berikan kepada ternak kami.

Bagi rekan yang ingin memakai produk suplement kambing dan domba dari perusahaan MLM, silahkan disikapi dengan bijak, ingat yang kurang baik itu ialah orang atau marketing yang mengatakan secara berlebihan, sedangkan semua produk MLM tentunya sudah melewati investigasi dinas terkait dan dinyatakan lolos uji sehingga layak diberikan kepada ternak kambing dan domba.

Salam ternak Indonesia.


Bijak Dalam Memakai Produk Mlm Untuk Kambing Dan Domba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29