Thursday, March 6, 2014

Model Sangkar Angsa Di Bbpp Batu

Suatu hari saya pernah ikut pembinaan di Balai Besar Pelatihan (BBPP) di Batu Malang Jawa Timur. Di sini dapat dilihat sangkar bebek, ayam kampung, kambing dan sapi yang ideal (menurut saya). Saya katakan ideal sebab modelnya tentu saja berdasarkan hasil penelitian dan uji coba. Pada kesempatan ini saya ingin mendeskripsikan sangkar angsa yang ada di sana.

Luas sangkar angsa di BBPP sekitar 10 x 5 m (perkiraan saya), dipagari dengan jaring kawat setinggi 2 meter. Di tengahnya terdapa bak sekitas 10 5 dari luas sangkar mempunyai kegunaan untuk daerah angsa berenang. Di pinggir sangkar dibangun atap setinggi 1 m, dan dibuatkan panggung (model bangku) setinggi 40 cm, mungkin ini mempunyai kegunaan untuk angsa berteduh saat hujan dan tidur di malam hari. 

Sistem pemeliharaan angsa yang diterapkan full kandang, artinya selamanya berada di dalam sangkar tanpa diangon (dikeluarkan). Hal ini untuk menghindari hilangnya telur bebek, kita tahu bahwa angsa berbeda dengan ayam dalam hal bertelur, mereka suka bertelur dimana saja sedangkan ayam hanya mau bertelur di satu daerah tertentu saja. Salah satu kelemahan budidaya angsa petelur sistem angon yaitu hilangnya telur.

Efisiensi kerja sangat diterapkan dalam sangkar angsa tersebut, pertolongan pakan hanya dilakukan 2 kali sehari di pagi dan sore hari. Telur biasanya akan awut-awutan di kandang, dipanen di pagi hari sambil membersihkan kandang. Pakan yang digunakan berupa pur (pelet) khusus untuk itik. Pakan ini banyak tersedia di poultry shop.

Kandang yang saya deskripsikan ini dapat digunakan untuk grower dan layer. Sedangkan untuk DOD sangkar model ini tidak dapat diterapkan, sebab anak angsa sama saja menyerupai DOC (anak ayam), membutuhkan penghangat. Lagipula di blog ini saya pernah menyarankan bagi kita semua yang ingin mencoba perjuangan ternak angsa lebih baik membeli layer grower (dara) atau grower (pertumbuhan) saja daripada membeli DOD (anak itik), sebab perawatannya jauh lebih gampang dan daya tahan terhadap lingkungan / penyakit jauh lebih baik.

Itulah deskripsi model sangkar angsa yang ada di BBPP watu denah gambarnya dapat dilihat di sini.

Model Sangkar Angsa Di Bbpp Batu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29