Saturday, June 1, 2013

Kandang Sederhana Budidaya Ternak Burung Puyuh

Kandang sederhana burung puyuh sanggup dibentuk dari anyaman bamboo, namun kalau kita ingin kandang yang lebih baik buatlah dari anyaman kawat atau sering disebut dengan kawat ram. Budidaya burung puyuh bukanlah bisnis yang spele, coba anda bayangkan 1 ekor puyuh bisa menghasilkan telur sebanyak 300 butir/ tahun, dan dalam sangkar box 90 cm x 60 cm x 30 cm (panjang x lebar x tinggi) sanggup menampung burung puyuh sebanyak 30 ekor. Berarti dengan sangkar sekecil itu kita bisa menghasilkan telur puyuh sebanyak 9000 butir per tahun. Harga telur puyuh ketika ini di kota payakumbuh Rp. 200/ butir, berarti memelihar puyuh di sangkar sekecil yang kita gambarkan sanggup menghasilkan 1.800.000/ tahun, bayangkan kalau anda memelihara puyuh dalam jumlah ratusan atau bahkan ribuan ekor.

Kandang sederhana untuk budidaya ternak burung puyuh sanggup anda lihat di gamabar berikut ini.

Dari gambar diatas sanggup kita lihat sebuah unit sangkar / sangkar puyuh secara sederhana, sangkar tersebut adalh sangkar baterai dan terdiri dari 5 tingkat. Lebar dari sangkar 60 cm dan panjangnya 90 cm. Tinggi setiap box sangkar baterai 30 cm. Adapun materi sangkar burung puyuh yang paling sering dipakai peternak puyuh yakni, untuk lantai baterai terbuat dari bambu atau lak kayu, dinding sangkar depan, samping kiri dan kanan dari anyaman kawat (kawat ram), dinding belahan belakang dari materi kayu (triplek) ada juga yang pribadi memakai tembok beton. Tempat pakan dan air minum dari paralon yang dibelah.

Kandang sederhana burung puyuh sanggup dibentuk dari anyaman bamboo Kandang Sederhana Budidaya Ternak Burung Puyuh

Dinding sangkar puyuh dibentuk dari kawat ram gunanya untuk menjaga sirkulasi udara sehingga kadar oksigen di dalam sangkar tetap terjaga, selain itu harga kawat juga cukup murah. Tempat pakan biasanya dari paralon ukuran besar yang dibelah atau bisa juga dipakai bambu yang dibelah. Sebaiknya sangkar burung puyuh memakai kawasan penampung kotoran yang bisa dicabut pasang untuk efisiensi aktivitas membersihkan kotoran, materi yang sanggup dipakai untuk kawasan kotoran puyuh ini ialah triplek.

Gambar diatas menawarkan sebuah sangkar baterai untuk ternak puyuh, kita memakai sangkar baterai sebab memudahkan dalam panen telur dan pencucian sangkar (sanitasi). Selain itu sangkar baterai memang lebih cocok untuk ternak puyuh petelur sebab kalau kita memakai sangkar litter telur akan sering tertimbun oleh tumpukan litter dan akibatnya banyak telur yang terinjak oleh peternak ataupun puyuh itu sendiri. Kandang litter hanya cocok untuk budidaya puyuh pedaging.

Kandang Sederhana Budidaya Ternak Burung Puyuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29